Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat

Selayang Pandang

Kondisi Geografis

Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe adalah merupakan Kecamatan hasil Pemekaran dari Kecamatan Salak Yaitu Berdasarkan Undang-undang Nomor: 9 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan,Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Propinsi Sumatera Utara ( Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003 Nomor : 29 tambahan lembaran Negara Republik Indonesia Nomor : 4272). 

Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe memiliki posisi yang sangat strategis karena merupakan Daerah Lintasan Dari Jalan Negara Propinsi NAD dan Propinsi SUMUT.Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe memiliki wilayah dengan luas 473,62 Km 2. Dan sebagian besar Wilayahnya adalah merupakan hutan Negara.berdasarkan Pembentukannya Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe memiliki batas-batas sebagai berikut:

Sebelah Utara: Kec.Silima Pungga-Pungga,Kec.Lae Parira dan Kec.Sidikalang Kabupaten Dairi.

Sebelah Selatan: Kec.salak dan Keca.Kerajaan Kab.Pakpak Bharat.

Sebelah Barat: Kabupaten aceh Singkil Propinsi NAD

Sebelah Timur: Kec.Kerajaan Kab.Pakpak Bharat. 

Topografi

Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe Memiliki Topografi Daerah yang berbukit-bukit curam dan sangat jarang didapati daerah yang datar, daerahnya sebagian besar dikelilingi oleh pengunungan. Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe berada pada ketinggian antara 650 s/d 950 m diatas permukaan laut. 

Iklim

Keadaan Iklim Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe umumnya beriklim tropis panas. Iklim tropis panas ini juga dipengaruhi oleh kondisi Topografi, dimana daerah yang berbukit-bukit dan kemiringan tanah yang sebagian besar curam dan juga dipengaruhi letak daerah dimana dikelilingi oleh pegunungan sehingga hal ini juga mempengaruhi keadaan iklim di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe. 

Demografi

Penduduk yang bermukin di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe sifatnya Homogen dan Monokultur, yaitu didiami oleh mayoritas etnis batak,pakpak yang terdiri dari beberapa marga dan dengan kultur batak pakpak pula.Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe hanya sedikit didiami oleh etnis lain,adapun etnis lain yang turut mendiami daerah Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe adalah etnis Batak Toba,Batak Simalungun dan Batak Mandailing sebagian kecil suku Jawa dll dan kebanyakan sudah memakai kultur suku Batak pakpak dalam bermasyarakat.