Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat

Tugas Pokok & Fungsi

I. Fungsi

Mengacu kepada Peraturan Bupati Pakpak Bharat Nomor 5 Tahun 2009 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Jabatan pada Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat bahwa dalam melaksanakan tugas kecamatan mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Pengorganisasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  2. Pengorganisasian upaya penyelengaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  3. Pengorganisasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4. Pengorganisasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas perekonomian dan
  5. Pengorganisasian penyelenggaraan kegiatan tata pemerintahan di tingkat kecamatan;
  6. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
  7. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

 

II. Uraian tugas

Uraian tugas masing-masing jabatan adalah sebagai berikut :

  1. Camat
    1. Mengkoordinasi dan membina serta memberi petunjuk penyusunan program kerja kecamatan;
    2. Mengkoordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    3. Mengkoordinasi upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
    4. Mengkoordinasi penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
    5. Mengkoordinasi pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    6. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kepemudaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat;
    7. Mengkoordinasikan pembinaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (LINMAS);
    8. Mengkoordinasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
    9. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
    10. Membina kepegawaian di wilayah kecamatan;
    11. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintah desa atau kelurahan;
    12. Mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas penegakan dan pelaksanaan Peraturan Daerah, Keputusan Bupati serta peraturan-peraturan yang berlaku;
    13. Mengkoordinir kegiatan pembinaan Keluarga Berencana;
    14. Mengkoordinasikan penanggulangan bencana alam dan pengungsi;
    15. Menyelenggarakan lomba/penilaian desa tingkat kecamatan;
    16. Mengkoordinasikan pembinaan kegiatan administrasi kependudukan;
    17. Melaksanakan tugas kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah;
    18. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis;
    19. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian DP-3 pegawai;
    20. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
    21. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  2. Sekretaris Kecamatan
    1. Menyusun program kerja dan rencana anggaran kecamatan;
    2. Menyiapkan bahan dan data untuk koordinasi Camat dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan administrasi dan fungsional kepada unsur di lingkungan kecamatan;
    3. Menyusun dan merumuskan rencana program kerja kecamatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    4. Melaksanakan pembinaan administrasi, organisasi dan tata laksana serta pelayanan teknis administrasi kepada seluruh perangkan daerah di kecamatan;
    5. Membantu Camat dalam melaksanakan koordinasi teknis fungsional kegiatan Unit Pelaksana Teknis di kecamatan;
    6. Melaksanakan koordinasi pembinaan administrasi kepegawaian dan keuangan pada rumah tangga kecamatan;
    7. Mengadakan pembinaan dan pengendalian terhadap tugas setiap Sub Bagian;
    8. Menyelenggarakan tertib adminnistrasi di lingkungan kecamatan meliputi surat-menyurat, ekspedisi, dokumentasi, dan kearsipan, keprotokolan, alat tulis kantor, penyediaan fasilitas serta administrasi perjalanan dinas;
    9. Mengkoordinasikan pemilahan, penyaluran dan monitoring surat masuk dansurat keluar di lingkungan kecamatan;
    10. Mengkoordinasikan penyusunan dan penyiapan laporan keuangan, inventaris, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Rencana Strategis dan Daftar Rencana Kegiatan;
    11. Mempersiapkan bahan dan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional dan penatausahaan;
    12. Mempersiapkan bahan, data dan informasi serta laporan bulanan, triwulan, semesteran dan tahunan kepada Camat;
    13. Mewakili Camat dan/atau melaksanakan tugas Camat dalam hal Camat berhalangan;
    14. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis;
    15. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian DP-3 pegawai;
    16. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat;
    17. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  3. Kepala Sub Bagian Umum
    1. Menyusun program kerja dan rencana anggaran Sub Bagian Umum;
    2. Melaksanakan penyelenggaraan pengelolaan tertib administrasi dilingkungan kecamatan meliputi surat-menyurat, ekspedisi, dokumentasi, kearsipan, keprotokolan, alat-alat perlengkapan kantor dan penyediaan keperluan kecamatan;
    3. Melaksanakan penyusunan program kerja dan rencana anggaran kecamatan;
    4. Melaksanakan tertib administrasi kepegawaian dan tertib administrasi keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
    5. Melaksanakan kegiatan penatausahaan dan pengelolaan keuangan kecamatan;
    6. Mengkoordinasikan penerimaan PAD dan PBB;
    7. Mengiventarisasi semua asset/barang milik kantor;
    8. Melaksanakan urusan rumah tangga kecamatan yang meliputi keindahan, keamanan, penyamanan, kebersihan dan kebutuhan rumah tangga kecamatan lainnya;
    9. Melaksanakan urusan umum kecamatan sesuai dengan kebutuhan kecamatan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
    10. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis;
    11. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian DP-3 pegawai;
    12. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugask kepada Sekretaris Kecamatan;
    13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  4. Sub Bagian Perencanaan
    1. Menyusun program kerja dan rencana anggaran Sub Bagian Perencanaan;
    2. Melaksanakan penghimpunan, pengelolaan dan penganalisaan bahan, data dan peraturan perundang-undangan dalam penyusunan program perencanaan evaluasi dan pelaporan;
    3. Melaksanakan perencanaan jangka pendek, jangkan menengah dan jangka panjang sesuai dengan kebutuhan kecamatan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
    4. Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan, dan kegiatan pelayanan masyarakat pada kecamatan;
    5. Melaksanakan pelaporan tugas-tugas kecamatan berdasarkan hasil evaluasi dan berpedoman kepada peraturan perundang-undangan;
    6. Melaksanakan penghimpunan hasil evaluasi dan pelaporan sebagai bahan Sekretaris Kecamatan dan Camat dalam pelaksanaan tugas pemerintahan;
    7. Melaksanakan penyusunan dan pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Rencana Strategis, dan Daftar Rencana Kegiatan;
    8. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis;
    9. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian DP-3 pegawai;
    10. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris Kecamatan;
    11. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  5. Kepala Seksi Tata Pemerintahan
    1. Menyusun program kerja dan rencana anggaran seksi;
    2. Membantu Camat dalam pelaksanaan tugas dibidang tata pemerintahan;
    3. Melaksanakan penghimpunan dan penyusunan bahan, data, informasi dan peraturan perundang-undangan di bidang pemerintahan, otonomi daerah dan pertanahan;
    4. Melaksanakan penyusunan program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan;
    5. Melaksanakan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang didelegasikan Bupati kepada Camat;
    6. Menyusun dan membuat laporan pemerintahan daerah di wilayah kecamatan kepada Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Propinsi;
    7. Menyelenggarakan kegiatan penerimaan unsur dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat;
    8. Menyelenggarakan kegiatan dan/atau pemerintahan secara periodik, kebutuhan kecamatan dan/atau berdasarkan petunjuk Camat;
    9. Menghimpun permasalahan di bidang pemerintahan, otonomi daerah dan pertahanan serta mengajukan usul pemecahan masalah kepada pimpinan;
    10. Melaksanakan dan memfasilitasi penyelenggaraan administrasi kependudukan di wilayah kecamatan;
    11. Melaksanakan dan memfasilitasi administrasi pertanahan, penyelesaian sengketa tanah, pembebasan hak milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan pemerintah untuk kepentingan pembangunan, sosial dan negara;
    12. Melaksanakan fasilitasi pemilihan umum, pemilihan Kepala Daerah, pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa, penyusunan Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa, administrasi pemerintahan desa/kelurahan, kerjasama antar desa, kerjasama desa dengan pihak ketiga, penyelesaian sengketa antar desa/kelurahan, bantuan teknis dan pendampingan kepada lembaga kemasyarakatan;
    13. Memberikan pertimbangan pengangkatan Lurah kepada Pimpinan;
    14. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis;
    15. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian DP-3 pegawai.